101 Peluang Usaha Bisnis Pura Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

101 Peluang Usaha Bisnis Pura Kecil yang Menguntungkan dari Rumah



Peluang Usaha
Membonceng peluang usaha

Sekarang ini ada berbagai peluang usaha baru bermunculan dan menjelmakan banyak wirausahawan baru dalam Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil mengusik saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Munculnya berbagai peluang usaha deng

an modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya swasembada.

Cukup banyak pengusaha mungil menengah tidak hanya menggagas toko yang ada fisiknya, tetapi toko virtual pada internet yang dapat mencengkau orang lebih banyak lagi. Apalagi beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang sangat fantastis.

Tersedia beberapa calon pengusaha menuruti untuk mundur ketika memperoleh kendala saat memulai satu buah bisnis, padahal peluang bisnis yang menjanjikan itu sudah biasa ada di depan mata. Sengketa klasik yang sering member dengar adalah kurangnya pura awal untuk memulai dagang mereka.





Solusinya adalah menabalkan peluang usaha dengan perlengkapan kecil yang memang sudah terbukti menguntungkan.

Memilih Peluang Usaha dengan Modal Imut
Daftar Isi
Kalau kita bicara usaha modal imut berarti kita memang uniform punya modal yang cukup untuk memulai bisnis itu. Walaupun jumlahnya terbatas kalian tetap harus mengeluarkan uang. Selain itu kita pula harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan (ini bisa dipelajari), modal murad & usaha yang muluk.

Apakah kekurangan modal sebagai penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan? Tentu saja tidak! Manfaatkan bervariasi usaha kecil yang menguntungkan yang bisa dijalankan walau dengan modal yang rendah karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa contoh kesempatan bisnis dengan modal mungil yang sering dijalankan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

A. Peluang Usaha Offline Dari Rumah
Terdapat banyak sekali peluang bisnis secara modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Member dapat melakukan semua prosedur menjalankan bisnis dengan cantik tanpa harus menyewa tempat. Walaupun begitu kita kudu mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang member jual di sana? Dibawah ini adalah beberapa usaha modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah secara offline:

1. Membuka Usaha Usaha Menjahit
Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki uci-uci yang agak gemuk ataupun terlalu kurus.

Nah, tersebut ini pasti selalu mengatasi jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk orang yang memiliki persetujuan pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kesangkilan dalam menjahit dan mendesain pakaian.




Peluang bisnis usaha menjahit
Ilustrasi dari Om google Image

Selain untuk memproduksi pakaian baru, jasa melekatkan sering juga dibutuhkan sambil mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu gede, atau sekedar memasang petunjuk tertentu di pakaian itu. Seperti kita ketahui, sangat banyak orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya padahal hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk menurunkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari ladenan penjahit yang bisa menistakan pakaian tersebut.

2. Menjalankan Bisnis Kuliner
Kalau Anda memiliki kiat makanan yang unik atau dapat membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda mesti mempertimbangkan peluang usaha di bidang kuliner.

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok untuk mereka yang menyenangi dunia kuliner. Tidak lumayan orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan merintis cabang di tempat unik.

Kisah orang-orang sukses dalam bisnis ini bisa dibaca di topik tentang usaha kuliner.

Perlu diketahui juga bahwa bisnis kuliner merupakan salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kelesuan. Mengapa? Karena kuliner / makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Walaupun saat ini telah banyak kita temukan bermacam-macam jenis usaha kuliner, wajar saja akan muncul spesies bisnis kuliner lain beserta tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis itu juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif imut lho. Dan bila Kamu tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis santapan, maka Anda bisa menimbang untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan makanan kecil. Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis waralaba gorengan karena banyak peminatnya.

3. Bisnis Menjual Detak Elektrik
Peluang usaha jualan pulsa elektrik

Memulai dagang jual pulsa saat ini sesungguhnya cukup mudah dan perlahan, hanya dengan modal asal Rp 100. 000 - Rp 300. 000 kita sudah bisa mulai melaksanakan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja & siapa saja.

Bila Dikau adalah seseorang yang berperan dalam sebuah network, persekutuan di mana anggotanya pas banyak, atau anak kuliahan, maka peluang bisnis berjualan pulsa bisa sangat mujur lho karena kita mampu menjualnya pada teman-teman yang berada di network, perkumpulan, dan kampus.

Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan tata pemasaran yang baik olehkarena itu saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup sesak. Dan untuk memulai, oleh karena itu Anda harus mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor denyut elektrik, seperti: Pulsa-Online. com, Venuspulsa. com, Istanareload. com, Centerpulsa. com, dan lain-lain.

Ada beberapa tips langsung yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:

a. Mendaftarlah menjadi distributor pulsa pada distributor detak terpercaya
b. Jangan memungut untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa
d. Promosi dengan memperhatikan susunan, baik itu melalui syarat sosial ataupun media beda
e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semata pelanggan

4. Peluang Usaha Merintis Les Private/ Kursus

Memasarkan keahlian dengan cara menguliahi orang lain keahlian kalian ternyata bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan lho. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, rancangan, bahasa Inggris, komputer, serta lain-lain, kita bisa menyampaikan les private atau pelajaran di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi.

Uniknya, sekarang menjalankan bisnis les private atau kursus tersebut bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah sedang banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk pendidikan private/ kursus secara on line. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar. com.

Jadi, Sekolahpintar. com menjadi media penghubung renggangan guru dan murid yang ingin belajar secara online. Materi pelajarannya dalam kerangka video yang bisa tepat ditonton oleh para murid. Selain itu, murid dan guru pun bisa berinteraksi tanya-jawab bila ada pelajaran yang ingin dibahas lebih detail.

Nah, bagi Anda yang punya ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan, bahkan dapat dijalankan dengan modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan adalah menghasilkan materi pelajaran yang pantas dengan bidang keahlian Kamu, mendaftar menjadi pemateri/ hamba di Sekolahpintar. com, & upload materi pelajaran.

Yang pasti kita harus menghubungi kelompok Sekolahpintar. com, karena segala materi pelajaran yang hendak dijual di sana harus atas seijin mereka. Bahwa Anda tertarik, bisa menguji menjadi guru private on line di Sekolah Pintar.

Membaca lebih lanjut tentang usaha les privat

5. Membuka Warung atau Toko Sembako

Benar-benar peluang usaha membuka warung/ toko sembako (sembilan benda pokok) sangat potensial karena pasti akan selalu dicari masyarakat. Namun, bisnis itu sudah cukup banyak yang menjalankannya, karena itu member sebaiknya melihat tingkat kompetisi yang ada, lokasi, serta juga modal yang dimiliki.

Kita juga perlu menggubris kelebihan dan kekurangan menunaikan model bisnis ini sebab tidak semua orang sesuai dalam menjalankan usaha warung sembako. Peluang usaha yang menguntungkan ini membutuhkan minat serius, ketelitian, dan mencita-citakan keberadaan pemilik usaha terus menerus, sehingga mau tidak rencana Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.

6. Peluang Dagang Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan
Peluang dagang jasa desain grafis

Peluang usaha yang satu tersebut sangat cocok untuk tersebut yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah pelan dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan di menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.

Untuk membuka sebuah usaha pada bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang besar lho. Bahkan Anda bisa mulai dari berbisnis tanpa modal kasat mata dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka. com, Sribu. com, Sribulancer. com, blazbluz. com, Projects. co. id, dan yang lain lain.

Di Ciptaloka. com misalnya, Anda bisa menjual usaha print kaos dengan desain khusus yang sudah Dikau ciptakan. Jadi, orang mampu memesan kaos dengan model tertentu melalui Anda, dan kemudian setelah customer membayar order, Anda bisa memesan kurusuhan dengan desain Anda ini melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan amat membantu mereka yang belum punya modal untuk menyusun perusahaan percetakan tapi ingin segera berbisnis.

Baca lebih lanjut tentang bisnis jasa rancangan grafis

7. Peluang Bisnis Membuka Jasa Laundry
Sistem usaha jasa laundry
Jika kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan bertambah bermacam-macam layanannya, bahkan tersedia yang menawarkan untuk menyilakan pakaian yang akan di-laundry. Dan bisnis laundry biasanya akan sangat laris bila berlokasi di dekat lokasi, kost-kostan.

Bila Anda merasakan bisnis ini cocok secara Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu diinginkan oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kalian perhatikan bila ingin sukses di bisnis laundry;

a. Perhatikan target market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yang akan sering menggunakan ladenan laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering memakai jasa laundry adalah penuntut, pekerja kantoran yang tetap bujangan. Tapi tidak menyengkilit kemungkinan pelanggan berasal daripada segmen yang berbeda, senyampang ibu rumah tangga.

b. Perlengkapan adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Bukan seharga modal materiil tapi pula pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan tali bisnis.

c. Lokasi bisnis laundry juga menjadi sisi penentu keberhasilan di usaha ini. Usahakan membuka dagang laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar perkantoran, perumahan, bedeng, atau kost-kostan.

d. Menabalkan dan membina karyawan juga tidak bisa disepelekan. Apabila Anda akan mempercayakan operasional bisnis laundry kepada produsen, pastikan bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengetahuan yang cukup baik.

e. Yang terakhir adalah proses pasaran dan promosi. Selain mempergunakan media offline untuk reklame (misalnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk berbuat promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).

Mengucapkan lebih lanjut tentang usaha laundry kiloan

Artikel terkait: Bisnis Waralaba Modal Kecil

B. Peluang Usaha Bisnis Online Dari Rumah
Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya member punya toko yang memasarkan furniture cantik, nah kita bisa menjual furniture kalian itu secara online, & tentunya pasarnya akan tambah luas karena bisnis Kamu bisa dijangkau lebih banyak orang2 via internet.

Namun, jika kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online. Berikut ini adalah kaum peluang bisnis online yang bisa dikerjakan dari wisma dengan modal kecil:

1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)
Peluang usaha online affiliate marketing
Ilustrasi dari wonderslist. com

Ini adalah desain bisnis yang sangat banyak dijalankan oleh internet marketer baik dalam luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan usaha afiliasi, kita tidak kudu memiliki produk, tapi member bisa menjual produk orang-orang lain melalui internet, indah itu melalui blog, social media, email marketing, serta lain-lain.

Kita mendapatkan yayasan sekian persen dari semuanya harga barang yang dijual. Produk yang dijual pula biar bermacam, ada produk nyata fisik, berbentuk digital, dan juga berbentuk membership.

Petunjuk dari bisnis afiliasi ini adalah, kita tidak butuh repot mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan rakitan, packing produk, dan pengiriman produk. Kita hanya demi mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link itu di-klik oleh seseorang & orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik kita, maka kita bakal mendapatkan komisi.

Untuk kalender afiliasi lokal yang hamba rekomendasikan adalah;

A. Rakitan Fisik

a. Lazada. com
b. Bhineka. com
c. Blibli. com

B. Komoditas Digital

a. Ratakan. com Marketplace
b. Idaff. com Affiliate Marketplace

2. Usaha Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)
Peluang bisnis dropship
Ilustrasi dari Google Image

Memiliki sebuah toko online saat ini sudah sangat mudah. Dagang online shop bisa dilakoni oleh orang yang mempunyai toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan jalan menjual secara online. Serta bisnis ini juga dapat dikerjakan oleh orang yang bukan memiliki produk, yaitu beserta cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menghapuskan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis on line shop tentunya Anda mesti punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online, tutorialnya bisa kita miliki di internet. Setelah lanjutnya adalah mencari produsen komoditas atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller ataupun dropship. Setelah diterima jadi mitra, kita bisa start memposting produk di online store dan mempromosikan toko online ini.

Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama;

Cakning. com
Suplier. id
Komisian. com
Dropshipaja. com
3. Bisnis On line Dengan Membangun Blog/ Web - web Portal
peluang bisnis membuat website
Ilustrasi dari Mbah google Image

Membangun blog/ website bisa menjadi salah satu rancangan bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa prasarana blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik, tentunya sesuai dengan niche blog/ website yang dibangun. Inilah yang bisa kita jadikan peluang bisnis dengan pura kecil.

Coba perhatikan taman website yang linknya acap bertebaran di Facebook serta Google (misalnya Merdeka. com, Kompas. com, Alodokter. com, Viralnova. com, Cerpen. co. id, dan lain-lain) dalam halaman website itu kita bisa melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog dan website portal itu me-monetize websitenya dengan rencana PPC (pay per click), khususnya Google Adsense.

Rencana PPC ini sangat pas untuk mereka yang punya web atau blog dengan trafik pengunjung yang semampai. Salah satu model bisnis pola iklan adalah dengan menjalankan program PPC (pay masing-masing click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, dan lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah iklan mandiri, yakni dengan cara menawarkan space iklan pada blog Dikau dengan harga yang telah ditentukan.

Penghasilan dari blog/ website yang memasang pemberitahuan PPC maupun iklan mandiri tidak bisa dianggap sepi lho. Banyak sekali blogger & pemilik website yang mendulang uang dari iklan pada blognya, mulai dari puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, hingga miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki gaji fantastis dari blognya ialah Linda Ikeji. Blogger pokok Nigeria ini diperkirakan jadi milliaran rupiah per kalendar dari blognya.

4. Kesempatan Usaha Menjadi Penulis Roboh
Peluang usaha penulis artikel
Ilustrasi dari Google Image

Saat ini cukup banyak lho freelancer yang menjalani pekerjaan sebagai penulis lepas, cantik itu menulis artikel kaidah Inggris ataupun menulis tulisan bahasa Indonesia. Untuk poin bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada kurang lebih tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang menelaah penulis artikel, misalnya: Fiverr. com, Ads. id, Projects. co. id, Sribulancer. com, dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Masih terkait dengan model bisnis online di point 3, ialah bisnis online dengan mendirikan blog/ website portal. Lazimnya blog/ website yang sudah biasa mulai banyak visitor akan membutuhkan tenaga penulis tulisan untuk mengupdate konten. Mulai banyak konten yang dibangun, oleh sebab itu peluang untuk mendapatkan trafik juga akan semakin raksasa. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari sama para pemilik blog/ website - website.

Namun, Anda harus ketat untuk mendaftar sebagai pereka lepas karena tidak rongak pemilik blog/ website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang luar biasa rendah. Rate yang nista tersebut membuat para penulis tidak bersemangat untuk menyusun konten yang baik. Tentukanlah rate yang Anda inginkan sejak awal, sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten serta kualitas tulisan Anda.

Tulisan terkait: Bisnis Penulis Poin Lepas

5. Menjual Ladenan Web Developer
Peluang dagang menjual jasa web developer
Ilustrasi dari midphase. com

Ada banyak jasa yang bisa dijual secara on line. Salah satunya adalah jasa memproduksi website/ blog profesional / yang sering disebut secara web developer. Peluang usaha yang satu ini dari segi saya sangat potensial olehkarena itu tidak banyak orang yang mampu membuat website profesional untuk bisnis mereka.

Tentunya untuk menjadi seorang web developer dibutuhkan skill yang cakap agar mampu menciptakan satu blog/ website yang kompeten. Sebenarnya untuk membuat web - web tidak terlalu sulit, kalian bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang serasi dengan niche website. Akan tetapi, bila Anda ingin sebagai web developer yang sedianya, maka Anda perlu mencari ilmu dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat belajar menghasilkan website yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.

Baca telaah singkat tentang bisnis web developer.

6. Bisnis MLM Online
Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM tradisional yang biasanya menyita ruang dan tenaga untuk kesigapan pertemuan, follow up kader member, dan pembelian kurang lebih, semua proses itu bisa dilakukan secara online.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa bukan semua bisnis MLM memiliki sistem yang baik, pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus & menguntungkan. Peluang usaha yang satu ini selalu dapat menciptakan jutawan dan miliarder baru, tentu saja mereka merupakan orang-orang yang mau mati-matian.

Kesimpulan

Sebenarnya masih terdapat banyak peluang usaha beserta modal kecil yang mampu kita kerjakan dari graha. Tapi tentu saja artikel tersebut akan sangat panjang apabila menuliskan semua daftarnya. Satu hal yang perlu member ingat bahwa walaupun usaha atau usaha yang dijalankan dengan modal kecil, tidak berarti keuntungan yang hendak didapatkan kecil juga.

Buktinya adalah usaha kenalan aku itu, dia tidak punya produk sendiri, dengan perlengkapan yang kecil dia menjalankan dagang dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, apalagi lebih besar dari perolehan seorang manajer Bank. Visi dan misi, semangat serta kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu bakal memberikan hasil yang tertinggi, bahkan bisa saja lebih dari harapan Anda.

Semoga poin ini menginspirasi teman.

101 Peluang Usaha Bisnis Pura Kecil yang Menguntungkan dari Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andika

0 comments:

Post a Comment